Friday, February 15, 2008

recover database packages debian atau ubuntu

File /var/lib/dpkg/status merupakan file yang krusial di sistem operasi linux berbasis debian/ubuntu (lihat disini). Nah, databse dikantor, mengalami corrupt di file status itu. Dengan lagak sok tahu, mungkin ini file temp pikirku, maka langsung saya del.

Hasilnya?, luar biasa. Begitu saya "dpkg -l", langsung bablas package list saya, kosong mlompong kayak dompet saya. Langsung pucat pasi saya, lha iki terus piye?, lak di anggap kosong mlompong server saya. Ra onok paket yang di install disana. Jane ya ada kelebihannya, serverku malih stabil, ra iso di umek, wong ra onok list paket nya, huahahak. Tapi ya pusing kalo mau upgrade. Wong gak ada listnya.

Selidik punya selidik, akhirnya crawling ke google nemu artikel ini, ya, artikelnya ama kayak yang diatas, namun liat di comment dibawahnya, ketemu artikel ini. Ho, ini lah artikel penyelamat saya. Hehehe, sekalian belajar tingkat lanjut, apa itu dpkg sama dselect.

Note:
Saya query pake query ini di google. Jangan memakai script yang ada di artikel ini secara langsung, soalnya gak jalan, cobalah pake dselect setelah menggunakan perintah:

echo -e "\nSpecifying list of previously installed packages..."
ls /usr/share/doc |
grep -v [A-Z] |
grep -v '^texmf$' |
grep -v '^debian$' |
awk '{print $1 " install"}' |
dpkg --set-selections

Jangan sekali-kali menggunakan apt-get dist-upgrade, soalnya percuma, gak jalan :P

No comments: